BERITA TERKINI - Katarak Bisa Serang Siapapun, Ini Gejalanya

Katarak Bisa Serang Siapapun, Ini Gejalanya

by ngopibareng.com

...

Katarak merupakan gangguan pada mata yang disebabkan karena kekeruhan pada lensa mata. Ini berdampak pada berkurangnya penglihatan seseorang yang menderitanya.

Biasanya penderita katarak sering menimpa usia lanjut. Bisa jadi karena faktor usia sebagai penyebabnya. Namun, sebenarnya bukan hanya usia lanjut tapi setiap orang usia muda, anak-anak, dewasa dan orang tua. Karena itu patut diwaspadai dan harus diantisipasi sedini mungkin dengan mengenali tanda maupun gejalanya.

 

Dokter spesialis glaukoma Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya dr Lidya Nuradianti,SpM menjelaskan beberapa gejala yang harus dikenali pada penyakit katarak.

"Gejala Pertama penglihatan menjadi kabur atau seperti ada asap yang menghalangi pandangan.

Ini berlangsung secara bertahap. Pandangan kabur lama-lama semakin tidak bisa melihat," ujarnya.

 

Gejala kedua, menurut Lydia, pandangan ganda. Misal saat melihat satu objek, seseorang yang terkena katarak melihat satu objek bisa menjadi dua objek. "Jadi, harusnya satu tapi dia melihat dua benda," katanya.

 

Kemudian gejala ketiga adalah warna lensa mata mengalami perubahan. Artinya ketika melihat, objek yang dilihat menjadi keruh seperti berkabut. "Makin lama kekeruhan lensa akan bertambah," kata Lydia

Gejala keempat adalah mata lebih sensitif jika terkena cahaya. Artinya jika ada cahaya terang mata akan mudah silau.

 

"Bagi penderita katarak harus segera ditangani, sebab jika terjadi komplikasi dapat menimbulkan kebutaan permanen," katanya.

Karena itu, kata Lydia, solusinya segera periksakan ke rumah sakit. "Nah, Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU) siap menangani penyakit ini," katanya.